fbpx

Budget Anda terbatas? Konsep Rumah Tumbuh Adalah Yang Anda Cari

Idealnya membangun rumah dilakukan dalam satu waktu hingga rumah siap untuk ditempati. Sayangnya tidak semua keluarga bisa melakukannya. Nah disinilah konsep rumah tumbuh diperkenalkan. Konsep rumah tumbuh adalah konsep membangun rumah yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Konsep rumah tumbuh adalah solusi yang efektif untuk membangun rumah impian namun tetap ramah di kantong.

Sebenarnya konsep rumah tumbuh kini sudah banyak diterapkan oleh developer perumahan. Umumnya developer menjual rumah dengan sisa lahan di bagian belakang. Sisa lahan inilah yang akan menjadi tabungan lahan untuk dikembangkan oleh pemilik.

Langkah-Langkah Dalam Mempersiapkan Konsep Rumah Tumbuh

Konsep rumah tumbuh mengharuskan adanya perencanaan tahapan pembangunan yang dibuat sejak awal. Perencanaan ini akan menjadi master plan dari proyek rumah tumbuh ini. Pembangunan akan dilakukan tahap per tahap sesuai dengan dana yang tersedia. Konsep rumah tumbuh ini bisa berlangsung bulanan bahkan tahunan. Itulah sebabnya perencanaannya harus cermat dan telah dipikirkan dengan matang. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda persiapkan sebelum mewujudkan konsep rumah tumbuh:

konsep rumah tumbuh

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto

Menentukan perluasan lahan

Dalam konsep rumah tumbuh, perluasan lahan bisa horisontal yaitu menambah ruangan ke samping di satu lantai yang sama, atau vertikal yaitu menambah ruang ke atas atau menambah tingkat.

Perluasan ke samping akan lebih mudah dalam membangun karena tinggal meneruskan saja. Kasus ini seperti contoh rumah developer diatas yang mempunyai tabungan lahan di bagian belakang. Biasanya pemilik menambahkan dapur dan ruang cuci jemur di belakang rumah.

Tapi kalau lahannya terbatas, tidak bisa tidak, pilihannya cuma perluasan vertikal. Menambah satu atau dua atau bahkan tiga lantai ke atas. Hal ini akan lebih sulit karena pemilik harus memastikan struktur bangunan dan fondasinya. Apakah sudah memadai untuk dibuat tingkat? Kalau belum, berarti harus dilakukan perombakan pondasi.

Beberapa developer kini sudah banyak yang menjual rumah tumbuh vertikal. Pemilik tinggal meneruskan saja untuk membangun lantai atasnya.

Bisa juga kedua perluasan, baik vertikal maupun horisontal, dimasukkan dalam perencanaan. Namun untuk setiap tahapannya sebaiknya dilakukan satu persatu. Misalnya fokus di perluasan horisontal dulu, selanjutnya baru melanjutkan ke perluasan vertikal. Dalam mewujudkan konsep rumah tumbuh, menentukan perluasan lahan adalah langkah penting yang wajib Anda lakukan.

langkah mewujudkan konsep rumah tumbuh

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto

Membuat perencanaan tahapan pembangunan

Perencanaan tahapan pembangunan konsep rumah tumbuh yang cermat akan menghindari kemungkinan terjadinya perubahan letak ruangan yang sudah ada. Diupayakan jangan sampai terjadi pembongkaran bangunan sebelumnya. Itu artinya perencanaan anda kurang cermat.

Perencanaan tahapan pembangunan juga turut mempersiapkan pembangunan tahapan berikutnya. Misalnya ketika akan menambah tingkat, pondasi sudah harus disiapkan untuk rumah bertingkat, dan  atap lantai 1 menggunakan atap datar untuk sementara.

Dalam perencanaan tahapan pembangunan sudah ditetapkan prioritas ruangan untuk setiap tahap. Perencanaan tahapan pembangunan dituangkan dalam denah gambar agar rencana mudah dibayangkan, dan tidak mudah berubah dalam perjalanan pembangunan.

Untuk setiap tahapan pembangunan, tentukan prioritas ruangan yang harus dimiliki terlebih dahulu. Prioritas ini akan berbeda untuk setiap keluarga, sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing.

Contohnya untuk pasangan menikah tanpa anak, rencana tahap pertama adalah ruangan untuk kebutuhan dasar.  Yaitu 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu, ruang makan, dapur, serta lahan terbuka di samping rumah. Lahan terbuka akan menjadi tabungan lahan yang kelak bisa dibangun. Untuk sementara lahan terbuka ini dijadikan teras atau taman.

Tahap berikutnya bisa menambah kamar ke samping, menambah lantai ke atas, atau melengkapi komponen lain seperti kanopi di atas carport atau memasang pagar. Pillihan ada di tangan anda.

Satu tip penting, kurangi sekat antar ruang agar tidak banyak pembongkaran yang akan dilakukan di masa depan.

Jangan lupa untuk memasukkan sistem pencahayaan dan ventilasi rumah sejak awal. Sehingga di tahap-tahap berikutnya soal pencahayaan dan ventilasi sudah tidak jadi masalah.

Prioritaskan juga instalasi pipa air kotor sejak awal, karena seiring pertumbuhan rumah nanti, volume buangan juga akan bertambah. Dengan cara ini, konsep rumah tumbuh dapat diwujudkan dan memberikan kenyamanan untuk Anda beserta keluarga.

jasa kontraktor semarang

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto

Buat perhitungan biaya pembangunan secara mendetil

Perhitungan biaya pembangunan konsep rumah tumbuh termasuk biaya material, tenaga kerja, dan biaya perombakan bangunan. Karena konsep rumah tumbuh pembangunannya bisa bertahun-tahun, tambahkan faktor kenaikan inflasi sekitar 5-10% untuk setiap tahap selanjutnya. Dengan demikian perhitungan anda tidak terlalu jauh selisihnya dari biaya realisasi nantinya.

Sebaiknya menggunakan material yang umum ada di pasaran dan mudah didapat. Karena pembangunan bertahap, diharapkan anda dapat menggunakan material yang sama dengan tahap sebelumnya meskipun pembangunan dilakukan di waktu yang berbeda.

Selain itu pilih material yang tahan lama dan tahan cuaca. Mungkin agak mahal namun material ini dapat menunggu hingga tahap berikutnya diselesaikan.

Bekerja sama dengan kontraktor rumah tumbuh yang profesional

Memilih kontraktor dan arsitek profesional yang tepat akan menghindarkan anda dari kesalahan perencanaan konsep rumah tumbuh. Tim profesional ini akan membantu anda dalam mewujudkan konsep rumah tumbuh di hunian anda. Tim profesional ini akan menciptakan ruang yang fungsional, aman, nyaman serta estetis untuk kebermanfaatan penggunanya.

Dengan bekerja sama dengan kontraktor dan arsitek profesional, anda akan memiliki teman diskusi yang berpengetahuan luas dan berpengalaman. Mereka dapat memberikan pertimbangan yang berimbang dan fleksibel dalam konsep rumah tumbuh dan desain yang anda inginkan. Mereka juga dapat memberikan konsultasi mengenai pemilihan material dan konsep green design yang mengacu pada investasi jangka panjang hunian anda. Mereka juga akan memberi opsi terbaik sesuai budget namun tidak mengorbankan fungsi serta awetnya material.

Konsultan Ruang Mimar+” memiliki tim yang terdiri dari kontraktor dan arsitek profesional yang siap membantu anda mewujudkan konsep rumah tumbuh impian anda.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat