fbpx

Jadikan Desain Rumah Sebagai Modal Investasi Jangka Panjang

Banyak orang berpikir bahwa memiliki rumah adalah sebuah investasi jangka panjang. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena jika rumah hanya ditinggali saja, keuntungan hanya akan terealisasi saat rumah terjual. Ini belum dipotong biaya pajak, bunga KPR, biaya renovasi, dan perbaikan selama rumah dimiliki. Agar bisa menjadi sebuah instrumen investasi, rumah harus disewakan. Entah itu berupa kos-kosan atau sebagai rumah sewa, dengan begitu akan memberikan pendapatan yang mengalir kepada pemilik. Namun kenyataanya, jika desain rumah dibuat biasa-biasa saja, akan sedikit lebih sulit untuk menjualnya kepada para penyewa potensial.

Inspirasi Berbagai Desain Rumah Menawan Untuk Investasi Jangka Panjang

Agar menarik untuk disewakan atau dijual kelak, rumah akan semakin keren jika didesain dengan gaya yang unik. Di dalam dunia arsitek dan interior, banyak gaya dan desain yang bisa diadaptasi untuk investasi anda. Dengan mengusung gaya yang unik tentu akan mendongkrak nilai sewa dan jualnya kelak. Berikut beberapa inspirasi desain rumah yang unik dan keren untuk investasi anda:

Desain Rumah Klasik

Desain klasik mengusung standar tinggi dalam desain bangunan dan dekorasi rumah. Kesan yang dimunculkan adalah elegan dan mahal.

Kesan mewah dan megah mendominasi bangunan. Pilar besar dengan ornamen dan ukiran banyak digunakan baik di interior maupun eksterior rumah. Bangunan pada umumnya besar dengan ketinggian langit-langit minimal 4 meter. Atap bangunan biasanya berbentuk kubah, dan ada patung di halaman depan.

Furnitur yang dipilih cenderung kuno seperti pada jaman kerajaan, terbuat dari kayu solid dengan teknik ukir, pahat, dan penyepuhan. Lantai terbuat dari marmer, dengan aksesori berukuran besar dan berwarna keemasan, seperti guci besar dan grandfather clock di sudut ruangan. Lampu gantung kristal juga sering ditemui di rumah dengan gaya klasik.

Desain Rumah Tropis

Desain tropis mengusung penataan yang terbuka, banyak ventilasi agar suhu ruangan sejuk. Untuk mendukung kesan tropisnya, tambahkan tanaman di sekitar rumah.

Bangunan banyak menggunakan material kayu untuk menampilkan kesan alami dan relaksasi. Warna yang dipilih juga netral, dipadu dengan warna alam seperti hijau. Untuk furniture biasanya menggunakan bahan alami seperti kayu, bambu, dan rotan. Tanaman juga dapat dijadikan dekorasi interior rumah.

desain rumah tropis

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto/arsitektur-hotel-keluarga-kolam-gali-1488327/

Desain Rustic

Ide dasar rustic adalah penggunaan material yg sederhana, kuat, dan harganya yang murah. Bahan apa saja bisa dimanfaatkan sebagai material. Tampilannya dibiarkan alami tanpa finishing.

Material berasal dari alam seperti kayu, batu, besi, logam, katun, wol, atau linen yang unfinished. Uniknya, material berkesan tua dan sudah sering dipakai, namun penataan yang cermat akan menghasilkan tampilan yang cantik. Warna-warna alam sangat mendominasi desain rusctic.

desain rumah rustic

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto/kayu-vintage-kilang-tanaman-3636956/

Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis adalah salah satu desain favorit kekinian. Kesan yang simple dan bersih menjadi salah satu alasan kenapa gaya minimalis banyak diterapkan di rumah berukuran mungil. Tidak banyak furniture dan aksesori yang dipakai karena mengedepankan fungsi daripada hanya sekedar estetika. Ciri utama dari desain rumah minimalis adalah multifungsi, memaksimalkan ruang dan perabotan untuk banyak keperluan.

Desain banyak menggunakan pengulangan struktur, dengan aksen geometris, garis, dan kotak. Tidak ada sekat antar ruang karena konsep terbuka harus diterapkan di rumah mungil. Pembatas ruangan biasanya menggunakan perabot yang ada. Pilihan warna netral dan monokrom. Material yang digunakan didominasi baja, kaca, dan beton.

Desain Rumah Bohemian

Bohemian berkepribadian bebas, tidak teratur, dan spontan. Bohemian dapat memanfaatkan benda apa saja dan banyak bermain warna dan kontras. Bohemian tidak membutuhkan keserasian, tapi tetap menjunjung tinggi estetika.

Furnitur dan aksesori memadukan gaya etnik dan vintage. Bohemian sangat menyukai barang-barang dengan aneka tekstur dan motif. Gaya etnik banyak menggunakan kain berpola dan bermotif. Aksesori seperti patung, guci, lukisan abstrak,  kain menjuntai, lampu unik, serta kerajinan lain. Gaya vintage tampak dari barang-barang yang tampak tua dan sudah lama dipakai.

Bohemian menyukai pencahayaan yang baik karena memiliki jendela yang besar dan tinggi. Untuk penerangan biasanya dipilih lampu dengan cahaya yang agak redup.

Desain Rumah Scandinavian

Gaya scandinavian berasal dari Eropa, tempat dari negara-negara berudara dingin berasal. Pencahayaan datang dari jendela besar dan tinggi yang memberikan kehangatan ke sudut-sudut ruangan.

Furnitur yang dipakai sederhana namun fungsional, berbahan kayu dan plastik sehingga memberikan kesan ramping dan tipis. Aksesori bulu pada karpet dan kursi menambah kehangatan di ruangan yang luas. Warna yang dipilih warna yang netral dan halus. Kesan yang ingin ditampilkan adalah bersih, rapi, dan hangat. Tambahkan elemen alam seperti kayu dan tanaman di dalam rumah.

desain rumah scandinavian

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto/dalam-ruangan-dekorasi-desain-interior-kamar-1139785/

Desain Rumah Industrial

Desain industrial lahir dari ide untuk mendesain bangunan lama seperti pabrik atau gudang yang tidak terpakai. Desain ini banyak menggunakan material metal, bata, kayu, beton yang unfinished. Ciri khasnya adalah ekspos material bata merah untuk dinding atau beton untuk lantai. Dinding dan lantai yang tidak diselesaikan memberi kesan adem dan sejuk. Untuk lantai harus dipastikan keamanannya, tidak lekas rusak, dan nyaman untuk dipijak.

Konsep ruang terbuka dengan sedikit sekat, dengan atap dan langit-langit terbuka tanpa plafon. Memperlihatkan saluran pipa dan kerangka bangunan sebagai aksen unik. Agar tidak sumpek langit-langit harus tinggi. Biasanya ada mezzanine di antara lantai. Dengan jendela besar yang tinggi, pencahayaan sangat baik di siang hari. Untuk malam hari, banyak digunakan lampu gantung berbahan metal.

Warna gelap dan netral mendominasi bangunan. Untuk furniture biasanya memadukan kayu dan logam. Ciri khusus lainnya, banyak memanfaatkan barang-barang daur ulang.

Desain Rumah Ecletic

Ide dasar eclectic adalah menggabungkan beberapa gaya desain dengan mengedepankan estetika dan nilai seni. Unsur tradisional dipadu dengan modern, tabrak warna yang kontras namun terasa senada, asimteris, unik dan bernilai seni. Dekorasi dan aksesori adalah perpaduan bentuk, warna dan motif.

Umunya pemilihan furnitur berfokus pada fungsi. Mengkombinasi vintage dan modern, tapi tetap “nyeni”. Karena mengusung tabrak gaya, setiap ruangan harus memiliki focal point dimana punya sesuatu yang eye catching. Buat para desainer interior, gaya ecletic sangat menantang tapi juga sangat memuaskan ketika melihat hasilnya.

Sudahkan memutuskan desain rumah favorit anda? Jika masih bingung, konsultasikan saja dengan jasa arsitek dari “Konsultan Ruang Mimar+” dan mulai membangun investasi Anda.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat