fbpx

Bagaimana Cara Memilih Kontraktor Rumah yang Tepat?

Hal yang paling sulit ketika membangun rumah adalah memilih kontraktor yang tepat. Pilihan kontraktor sangat banyak diluar sana, tapi menemukan yang tepat, yang dapat dipercaya adalah tantangan tersendiri. Jika beruntung, anda bisa menemukan kontraktor yang tidak hanya berkualitas namun juga sesuai budget dan juga tepat waktu. Namun pada kenyataannya, hal tersebut tidak selalu terjadi.

Tips memilih kontraktor rumah

Image Credit: pexels.com

Sebelumnya, Mengapa Harus Memakai Jasa Kontraktor?

  1. Kontraktor mempunyai skill dan terorganisir kerjanya

Kontraktor adalah berpengalaman dalam hal pembangunan, memahami setiap detail pekerjaan termasuk pilihan material yang tepat. Pekerjaan kontraktor lebih terorganisir. Berbeda dengan pemborong yang untuk mengukur standar kualitas kerjanya.

  1. Tepat waktu

Kontraktor bekerja terikat dengan kontrak yang isinya mencantumkan berapa lama pembangunan akan diselesaikan. Karena terikat kontrak di atas materai, kontraktor akan menepati waktu sesuai kontrak, karena jika tidak akan ada sangsi.

  1. Hasil berkualitas

Kontraktor yang profesional akan memberi garansi pengerjaan atas bangunan yang telah diselesaikannya. Kontraktor berani menjamin akan memberikan pengerjaan cuma-cuma jika ada masalah dengan bangunan.

  1. Pemilik tidak perlu mengawasi

Bagi pemilik yang sibuk, harus mengawasi pembangunan akan terasa sulit. Dengan memakai jasa kontraktor, pekerjaan mengawasi sudah termasuk di dalamnya. Tidak perlu menegur tukang jika ada yang tidak sesuai, anda hanya perlu menghubungi kontraktor.

Berikut Beberapa Tips Memilih Kontraktor Rumah Yang Tepat:

Berbadan hukum

Legalitas kontraktor adalah hal yang penting untuk anda pertimbangkan. Kontraktor terbaik adalah yang memiliki badan hukum, punya izin operasi resmi, serta memiliki kantor yang jelas. Selain itu, akan menjadi nilai tambah juga jika kontraktor memiliki jejak digital yang baik, agar mudah melacak pekerjaan yang pernah ditanganinya.

Banyak yang merekomendasikan

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, bagaimana cara memilih kontraktor rumah yang tepat? Salah satu cara termudah mendapatkan kontraktor yang terpercaya adalah mencari rekomendasi dari keluarga, teman atau rekan kerja yang baru saja menggunakan jasa kontraktor untuk proyek serupa. Mereka yang puas dengan hasil kerja kontraktor, pasti tidak segan memberikan rekomendasi.

Coba kumpulkan daftar kontraktor kemudian filter menjadi 3 hingga 5 kontraktor terbaik. Semakin banyak referensi yang anda dapatkan, akan semakin mudah untuk membandingkan dari segi budget atau portofolio hasil pekerjaan sebelumnya. Himpun informasi sebanyak-banyaknya akan sepak terjang kontraktor tersebut.

Cek hasil kerja

Memilih kontraktor rumah bukanlah perkara mudah. Pertama, periksalah portofolio pekerjaan calon kontraktor anda. Dari data tersebut ambil beberapa sampel untuk didatangi langsung ke lokasi, dan mewawancarai pemilik proyek. Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan, seperti apakah akan menggunakan kontraktor yang sama pada kesempatan yang lain, apa kekuatan dan kelemahan terbesar kontraktor tersebut. Selain itu tanyakan juga jika ada biaya apapun atau waktu yang lebih ketika mengejakan proyek dan lain sebagainya.

Jangan asal percaya dengan data-data yang mereka berikan. Selalu crosscheck dan bandingkan dengan calon kontraktor lainnya. Anda membutuhkan pihak yang dapat dipercaya untuk mengerjakan proyek rumah anda.

Anda juga bisa meminta calon kontraktor menunjukkan proyek yang sedang digarapnya. Anda dapat melihat secara langsung profesionalisme, estetika, kualitas, dan kebersihan pada area kerjanya. Jika ada penolakan dari pihaknya, anda patut mencurigai.

Buatlah catatan tentang kesan ketika datang ke lokasi proyek. Hal ini akan memudahkan ketika membandingkan dengan calon kontraktor yang lain.

Credit: https://www.pexels.com/id-id/foto/ayah-cat-dewasa-dinding-1917849/

Tunjukan proyek Anda

Kemudian coba undang masing-masing kontraktor yang ada pada daftar Anda untuk datang dan melihat proyek yang Anda tawarkan. Pastikan untuk menulis nama orang yang merekomendasikan kontraktor tersebut.

Menyiapkan pertanyaan untuk calon kontraktor

Beberapa pertanyaan akan menjadi panduan anda untuk mengetahui apakah calon kontraktor ini cocok dengan anda, diantaranya;

  • Apa yang menjadi pembeda antara mereka dengan kontraktor lain di wilayah anda.
  • Estimasi budget yang dibutuhkan dan juga berapa lama waktu pengerjaan.
  • Bagaimana metode berkomunikasi terbaik untuk mendiskusikan update tentang pembangunan seperti jadwal meeting mingguan atau berdiskusi lewat text atau telepon setiap saat.

Bandingkan tawaran kontraktor

Dengan memiliki 3-5 calon kontraktor, anda dapat membandingkan masing-masing penawarannya. Anda bisa membuang penawaran yang terendah karena biasanya bermasalah.

Pelajari penawaran masing-masing item, kemudian tanyakan apabila ada yang berbeda. Biasanya kontraktor hanya mengira-ngira harga pasarannya, sehingga masih ada ruang untuk negosiasi.

Selain harganya, pertimbangkan juga hal-hal yang anda dapatkan ketika berkomunikasi, melihat hasil pekerjaannya, dan berbincang secara personal. Dari gaya, karakter, dan ketekunan bisa menjadi poin plus untuk keputusan anda.

Ketahui siapa saja yang terlibat

Kontraktor biasanya tidak bekerja sendiri. Kemungkinan besar dia akan melibatkan pihak lain untuk beberapa pekerjaan tertentu seperti interior rumah, dapur, dan sebagainya. Ada baiknya mengetahui dengan siapa saja kontraktor itu bekerjasama.

Credit: https://www.pexels.com/id-id/foto/konstruksi-pembangunan-bangunan-pendirian-3615725/

Spesialisasi

Setiap kontraktor memiliki spesialisasi masing-masing. Maksudnya adalah kontraktor tersebut terbiasa mengerjakan bangunan jenis apa. Ada yang spesialisasi bangunan minimalis, kantor, atau taman.

Pilih kontraktor yang spesialisasinya sesuai dengan kebutuhan rumah anda.

Memberikan garansi

Kontraktor yang profesional akan selalu memberi jaminan atas hasil kerjanya. Itulah kenapa mereka siap memberikan garansi atas kualitas hasil kualitas bangunan. Garansi ini bisa berbentuk pengerjaan cuma-cuma jika ada masalah di kemudian hari.

Bersedia terikat dalam kontrak

Kontraktor yang profesional akan membuatkan kontrak kerja. Isi kontrak kerja merupakan hasil musyawarah antara pemilik rumah dan kontraktor.  

Agar mudah mengukurnya, usahakan membuat kontrak secara detail, terperinci, lengkap, dan pastinya menguntungkan kedua belah pihak. Selain itu, kontrak itu juga mencantumkan dengan jelas kapan pembangunan dimulai, cakupan biaya, jenis material, dan tahapan pembayaran.

Jangan lupa bubuhkan materai biar kontrak memiliki kekuatan hukum.

Sudah siap untuk memilih kontraktor rumah yang tepat? Untuk kontraktor yang profesional, hubungi “Konsultan Ruang Mimar+” agar pembangunan rumah anda dapat segera terealisasi dan hasilnya memuaskan.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat