fbpx

Begini Cara Cepat Menjual Rumah Dalam 3 Bulan

Rumah adalah aset yang tidak terlalu likuid. Butuh beberapa waktu agar rumah tersebut dapat terjual. Dibutuhkan strategi yang tepat agar menarik minat calon pembeli. Karena membeli rumah juga keputusan yang besar, pembeli akan sangat berhati-hati dan pemilih. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara cepat menjual rumah, sehingga rumah justru dibiarkan tidak terawat dalam waktu yang lama dan malah mengalami banyak kerusakan.

cara cepat menjual rumah

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto

Cara Cepat Menjual Rumah Dalam Waktu 3 Bulan

Agar tidak memakan waktu yang terlalu lama,  berikut cara cepat menjual rumah dalam 3 bulan:

Tentukan Harga dengan Wajar

Menetapkan harga jual memang susah-susah gampang. Apalagi kalau anda merasa properti kondisinya bagus dan berada di kawasan yang strategis. Akhirnya penjual memasang harga yang tinggi dengan harapan, ketika ditawar oleh pembeli harganya tidak akan terlalu jatuh.

Strategi cara cepat menjual rumah ini kurang tepat karena jika terlalu mahal, pembeli bisa mundur sebelum menawar. Di sisi lain, jika penawaran terlalu murah, pembeli akan mempertanyakan kualitas rumah yang dijual.

Strategi cara cepat menjual rumah yang lebih tepat adalah cek harga pasaran. Cara mengetahui harga pasar adalah cek adakah rumah lain di sekitar anda yang dijual. Dengan perbandingan luas tanah dan bangunan, anda dapat mengetahui harga pasaran rumah anda. Agar memiliki ruang untuk tawar menawar, tetapkan harga rumah maksimal 3% dari harga pasaran.

Jika anda menggunakan jasa agen properti, mereka mempunyai data harga pasaran rumah di tiap daerah. Cara lainnya, anda bisa mengecek nilai properti anda dari NJOP-nya. Umumnya harga jual rumah 2-3 kali nilai NJOP.

Percantik tampilan rumah agar lebih menarik

Agar calon pembeli tertarik, cara cepat menjual rumah adalah dengan melakukan perbaikan seperlunya agar sekilas rumah tampak terawat. Pembeli akan lebih tertarik pada properti yang kondisi fisiknya bagus sehingga rumah bisa langsung dihuni dan tidak perlu mengeluarkan biaya renovasi yang besar lagi.

Tidak perlu renovasi yang berlebihan. Konsultasikan dengan kontraktor anda, bagian mana saja yang perlu diperbaiki agar rumah tampak baru. Apabila rumah sudah tidak ditempati, minimal bersihkan rumah secara rutin agar bersih dari debu.

Mulailah dari yang paling depan, karena inilah spot yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli. Rapikan taman di depan rumah agar terlihat asri dan cantik. Kesan pertama akan meninggalkan kesan. Begitu juga ketika hendak difoto untuk dimasukkan ke situs penjualan properti.

Anda juga bisa membenahi kondisi fisik rumah yang tidak lagi sempurna, seperti cat yang mengelupas, jendela yang macet, atau handle pintu yang lepas. Biaya yang anda keluarkan untuk memperbaiki rumah akan lebih rendah daripada pengurangan harga yang diminta pembeli jika melihat rumah yang memerlukan banyak perbaikan nantinya.

Bersihkan hingga sudut-sudut rumah dan tambahkan beberapa elemen alam seperti pot bunga agar rumah tampak nyaman dan asri. Kalau rumah sudah tidak ditempati, rapikan ruangan agar pembeli bisa membayangkan rumah ini sebagai rumah mereka. Pastikan semua kebutuhan ruang secara umum terpenuhi.

Jangan lupa berikan pencahayaan secukupnya agar rumah terang dan hangat. Buka jendela agar udara bebas keluar masuk.

Cara cepat menjual rumah dengan menggunakan jasa agen properti

Hampir di tiap kota besar ada banyak agen properti yang bisa anda pilih. Menggunakan jasa mereka akan mempercepat proses penawaran karena mereka memiliki data base calon pembeli yang cukup banyak. Mereka akan mempertemukan orang yang menjual rumah dengan orang yang membutuhkan rumah. Mereka juga akan membantu membuat strategi untuk pemasaran rumah anda.

Selain itu agen properti juga akan membantu dalam proses penjualan, mulai dari mengatur pertemuan dengan calon pembeli, bernegosiasi, sampai membantu finalisasi transaksi dengan pembeli. Fee agen akan dibayarkan ketika rumah terjual. Umumnya fee berkisar diantara 2,5-3 % dari harga jual rumah.

Jika anda memilih untuk memasarkannya sendiri tanpa perantara, sebaiknya anda sigap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembeli. Respon yang cepat dan baik akan membuat pembeli serius melanjutkan penawaran.

Melengkapi dokumen penjual

Cara cepat menjual rumah lainnya yang perlu diperhatikan adalah perihal kelengkapan dokumennya. Jika anda menginginkan rumah anda cepat laku, lengkapi surat-surat agar ketika diperlukan dokumen sudah lelngkap. Diantaranya sertifikat rumah, KTP suami istri (jika sudah menikah) dan KK, serta bukti pembayaran PBB.

Kelengkapan surat anda juga akan meyakinkan calon pembeli akan legalitas rumah anda. Jika anda lambat dan mengulur waktu untuk kelengkapan dokumen, calon pembeli bisa curiga dan enggan melanjutkan proses jual beli rumah.

Menawarkan di waktu yang tepat

cara cepat menjual rumah dalam waktu 3 bulan

Sumber: Credit: www.pexels.com/id-id/foto

Agar rumah anda segera laku, perhatikan pemilihan waktu yang tepat.

Jangan menawarkan rumah sesaat sebelum hari raya. Orang-orang akan sibuk pada perayaan, bukan pada membeli rumah.

Jangan menawarkan rumah pada saat menjelang tahun ajaran baru. Para orang tua sibuk membayar uang sekolah dan membeli keperluan sekolah. Mereka tidak akan memikirkan untuk membeli rumah.

Memasarkan rumah beberapa bulan sebelum tahun ajaran baru justru lebih menguntungkan, karena calon pembeli berharap agar dapat menempati rumah baru saat tahun ajaran dimulai.

Tawarkan rumah ketika musim kemarau. Meskipun saat ini di website agen properti bisa melihat rumah secara virtual, namun calon pembeli juga ingin melihat rumah secara langsung. Calon pembeli akan malas untuk melakukan survei ketika cuaca sedang buruk.

Pasarkan rumah anda ketika pasar properti sedang ramai. Secara umum bulan Mei dipercaya sebagai bulan yang paling ramai untuk pasar properti. Ketika banyak yang ingin membeli rumah, harga rumah di pasaran akan meningkat. Rumah anda akan lekas terjual dengan harga yang bagus.

Hari kamis juga disarankan sebagai waktu yang tepat untuk melakukan listing rumah anda di website, karena para calon pembeli biasanya hunting calon hunian di akhir pekan.

Demikianlah beberapa cara cepat menjual rumah. Jika saat ini anda masih ragu akan kebutuhan renovasi rumah yang akan anda jual, segera hubungi “Konsultan Ruang Mimar+” untuk bantuan jasa kontraktor yang terpercaya.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat