fbpx

Buat Rumahmu Nyaman Agar Berlibur di Rumah Saja Tetap Menyenangkan

Di kehidupan serba modern ini, segala hal berjalan dengan cepat dan instan. Pulang ke rumah menjadi satu tujuan yang dinanti-nanti setelah seharian sibuk di luar rumah. Rumah menjadi tempat istirahat yang memberikan ketenangan bagi jiwa dan fisik yang lelah.

Tidak jarang di akhir minggu banyak yang memilih untuk berlibur di rumah saja. Ingin bersantai dan bermalas-malasan saja di rumah. Tidak perlu bangun pagi, tidak harus langsung mandi, bisa santai menikmati sarapan sambil bercengkrama bersama keluarga. Pokoknya bisa menikmati waktu dalam tempo yang lebih lambat.

Itulah sebabnya banyak orang mengusahakan dengan sungguh-sungguh agar rumahnya senyaman mungkin. Kenyamanan bukan berarti ukurannya yang besar atau kecil. Bukan pula karena furniturnya yang mahal atau sophisticated. Nyaman itu sederhana saja, rumah yang bersih, barang-barang tersusun dengan rapi, pemilihan barang dan warna yang cantik, dan rumah yang selalu memberi kehangatan.

Sudah terbayang bukan bagaimana rumah yang nyaman itu. Berikut tips dekorasi yang lain agar rumah anda senyaman yang dibayangkan:

 

Memilih warna dinding yang terang

Memilih warna yang tepat akan memberikan suasana yang pas di dalam rumah. Warna yang terang seperti warna putih akan memberi kesan bersih dan ruangan lebih luas. Tapi kembali ke selera masing-masing, sentuhan warna favorit bisa juga memberikan semangat pada sang pemilik ruangan.

Misalnya warna merah membangkitkan semangat. Warna biru memberikan ketenangan, namun hati-hati jika terlalu banyak digunakan suasana bisa berubah jadi dingin dan sedih. Warna kuning memberikan keceriaan, tapi bisa jadi memberi kesan yang panas. Warna hijau memberi nuansa yang segar karena dekat dengan alam. Warna ungu bisa memberikan kenyamanan. Warna coklat warna yang cukup netral, cocok buat orang-orang yang menyukai alam.

Pemilihan warna ini biasanya ditentukan saat merenovasi rumah. Tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk mengubahnya kapan pun anda mau.

Sumber: pexels.com/TarynElliot

 

Perhatikan suhu ruangan

Ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin tentu tidak menyenangkan. Di siang hari membuka jendela atau pintu mungkin membawa hawa panas ke dalam rumah. Sebaiknya jendela atau pintu dibuka di pagi atau sore hari saja. Angin semilir yang adem akan masuk membawa suasana yang syahdu ke dalam rumah.

Jika ruangan menggunakan AC, pastikan suhu dipasang di suhu yang optimal. Sesuaikan dengan besar ruangan dan jumlah orang yang berada di dalam. Suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan masuk angin, atau ketidaknyamaan bagi yang memiliki alergi dingin.

 

Tambahkan karpet di lantai

Karpet dapat memberikan tambahan suasana yang berbeda di dalam ruangan. Karpet dengan motif yang menarik juga menjadi ciri khas sebuah ruangan. Apalagi jika bahannya yang halus atau rasanya empuk, semakin membuat betah beristirahat di atas karpet.

Jangan lupa, perhatikan soal kebersihan karpet. Selalu bersihkan karpet secara berkala. Bulu-bulunya menangkap debu dan kotoran yang bisa mengganggu pernafasan. Terutama jika ada angggota keluarga yang alergi debu, pembersihan wajib dilakukan seminggu sekali.

 

Perhatikan juga sirkulasi udara

Sirkulasi udara yang baik adalah salah satu kriteria rumah yang sehat. Setiap pagi pintu dan jendela rumah perlu dibuka agar udara dalam rumah berganti. Tips ini terutama buat rumah-rumah yang selalu menggunakan AC.

Banyak rumah yang menggunakan pengharum ruangan sebagai penyegar ruangan. Sebenarnya hal ini kurang tepat, karena pengharum ruangan mengandung zat kimia. Jika ruangan terus menerus tertutup dan menggunakan pengharum ruangan, ini bisa berbalik menjadi sumber polusi. Alangkah baiknya jika sirkulasi udara alami tetap dijalankan secara berkala.

 

Tambahkan barang dengan tekstur

Bantal dan guling yang empuk, sprei yang lembut, karpet bulu yang halus, selimut rajut, mengingatkan pada kehangatan dan kenyamanan bukan? Tekstur pada permukaan barang-barang itulah yang memberikan rasa nyaman. Nah, tips ini bisa diterapkan di kamar atau di ruang keluarga.

Tambahkan juga beberapa lapis selimut dan boneka di tempat tidur. Permukaan yang halus dan tumpukan bantal juga memberikan rasa nyaman bagaikan dipeluk orang tersayang.

Sumber: pexels.com/TarynElliot

 

Jangan lupa tanaman hias

Kini banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa dibawa ke dalam rumah. Perawatannya juga relatif mudah dan murah. Dengan pot-pot yang lucu dan motif yang unik akan semakin menambah suasana ke dalam rumah. Bayangkan saja ada nuansa alam kehijauan ada di dalam rumah. Bikin nyaman bukan?

Sumber: pexels.com/DariaShevtsova

 

Berikan sentuhan seni

Lukisan anak-anak atau kerajinan tangan do it yourself bisa jadi pilihan buat memberikan sentuhan seni di rumah. Bagi yang menyukai lukisan juga bisa memasang lukisan di dinding atau di atas meja. Ada juga yang bermain dengan hiasan dinding unik untuk memberikan mood yang berbeda ke dalam rumah.

 

Atur pencahayaan ruangan

Untuk tidur di malam hari, yang paling baik adalah tidur dalam gelap dengan mematikan semua sumber cahaya. Tapi ada beberapa orang yang tidak bisa tidur dalam gelap.

Tipsnya adalah memasang lampu yang temaram, agar tetap bisa beristirahat dengan berkualitas. Menyalakan lilin juga bisa jadi pilihan, hanya harus lebih hati-hati dalam pemasangannya. Pastikan ada pengaman agar lilin tidak jatuh dan menyebabkan kebakaran.

 

Menjaga kerapian

Tips terakhir adalah yang terpenting, selalu menjaga kerapian ruangan. Ruangan yang nyaman itu ruangan yang rapi dan bersih. Kita bisa melangkah dengan aman di lantai, dan barang-barang rapi tersimpan di tempatnya, akan semakin memberikan kenyamanan pada setiap anggota keluarga dan membuat betah serta nyaman berlama-lama di rumah saja.

 

Adakah yang punya pengalaman serupa dalam mendekorasi rumah yang nyaman?

Dengan bantuan tim profesional dari “Konsultan Ruang Mimar+”, desain interior untuk rumah yang nyaman bisa didapatkan dengan mudah. Arsitek rumah dari tim “Konsultan Ruang Mimar+” akan membantu anda dalam mewujudkan rumah impian yang nyaman.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat