fbpx

Berencana Untuk Merenovasi? Ini Dia Tren Desain Rumah di 2020

Tren desain rumah hampir selalu berganti tiap tahunnya. Meski anda tidak memiliki kewajiban untuk mematuhi tren terkini, ada baiknya berikan sedikit sentuhan tren kekinian di desain pilihan anda. Sentuhan ini akan memperkaya tampilan rumah cantik anda.

Berikut 5 Tren Desain Rumah di 2020:

Kembali ke Alam

Tren desain rumah 2020

Image Credit: pexels.com

Beberapa tahun belakangan, tren desain rumah kembali ke alam ada di hampir semua lini kehidupan kita. Mulai dari gaya hidup, diet, olahraga, sampai ke ranah seni, baik desain pakaian maupun desain rumah.

Kehidupan kota yang serba instan dan bising, membuat kita rindu pada suasana alam yang hangat dan bertempo lambat. Ketika kembali ke rumah, kita ingin menikmati suasana yang berbeda dari yang kita temui sehari-hari. Kita ingin ketenangan dan kenyamanan saat di rumah.

Ketenangan dan kenyamanan ini dapat diwujudkan dari pilihan warna di rumah anda. Pilih warna-warna alam seperti nuansa coklat, biru, hijau yang memberi suasana adem dan sejuk. Untuk suasana yang lebih hangat berikan sentuhan kuning dan oranye di dinding anda. Warna-warna ini spektrumnya sangat luas, anda tinggal memilih spektrum mana yang anda sukai.

Namun bukan berarti suasana rumah dengan warna alam menjadi membosankan. Berikan focal point berupa warna hitam di pintu atau sofa warna coklat tua yang eye catching. Dijamin ruangan anda akan tampak lebih cantik.

Selain warna, anda juga bisa menghadirkan nuansa alam ke furnitur dan dekorasi rumah anda. Bahan-bahan dari metal, kayu, dan rotan dapat anda tambahkan sebagai aksen alam di rumah.

Tambahkan juga air mancur dan tanaman hias di taman dalam rumah. Anda akan terkejut dengan perbedaan suasana yang dihadirkan.

Kurangi penggunaan AC dan manfaatkan bukaan jendela untuk menghadirkan sirkulasi alami ke dalam rumah. Untuk memaksimalkan cahaya alami, pasang kaca mozaik yang akan memberikan efek dramatis ke dalam rumah.

Selama pandemi, anda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Dengan menghadirkan warna-warna alam ke rumah, anda akan merasa terkoneksi dengan lingkungan di luar, dan rasa bosan bisa pergi jauh.

 

Ruangan Multifungsi

Tren desain rumah

Image Credit: pexels.com

Tren desain rumah 2020 dengan ruangan multifungsi banyak ditemui di desain rumah minimalis, yang belakangan memang menjadi desain rumah favorit. Konsep menghemat ruang banyak diadopsi oleh hunian bahkan perkantoran yang kekinian.

Sekarang, dengan pandemi yang masih berjalan, bekerja dan belajar dari rumah jadi pilihan banyak orang dan keluarga. Karena sama-sama beraktivitas di rumah, anggota keluarga harus lebih kreatif dalam memanfaatkan ruang.

Di dapur, sambil memasak anda bisa menemani anak belajar atau bermain. Mereka bisa belajar di meja makan sementara anda sibuk di dapur.

Ruang belajar anak juga dapat digabung bersama di ruang tidur, sehingga anda tidak perlu khawatir anak-anak akan bermain ke luar.

Hobi nge-gym anda terpaksa berhenti karena pandemi? Anda bisa menyulap taman di samping rumah menjadi sudut gym dadakan. Untuk gerakan-gerakan yang sederhana rasanya masih memungkinkan dilakukan di sudut itu.

Jadilah kreatif untuk mencipatakan ruangan multifungsi di rumah!

Tren Desain Rumah 2020 Dengan Home Office

Konsultan Ruang Mimarplus Untuk Desain Rumah

Image Credit: pexels.com

Untuk alasan yang sama karena pandemi, banyak orang membutuhkan ruang untuk bekerja di rumah. Jika menambah ruang baru tidak memungkinkan, buat saja sebuah sudut mungil di ruang kosong yang anda temukan di rumah.

Lokasi yang terbaik adalah lokasi yang disesuaikan dengan kebutuhan personal kita. Tentunya juga menyesuaikan dengan keadaan di rumah.

Jika banyak bekerja di dapur, ruang kerja yang strategis adalah yang berada di dekat dapur. Jika pekerjaanmu butuh ketenangan, akan lebih maksimal jika kamu bisa menciptakan ruang kerja di sudut kamar tidur. Atau manfaatkan pojok ruang berbentuk L yang biasanya tidak difungsikan secara maksimal. Temukan pojok ruang yang berada di dekat jendela, atau di bawah tangga.

Sebaliknya, kalau pekerjaanmu menuntut untuk bertemu banyak orang, alangkah baiknya jika ruang kerja ditempatkan di bagian depan rumah, atau dekat dengan akses keluar masuk rumah. Lebih baik lagi kalau ruang kerjamu punya akses masuk yang terpisah dengan akses rumah tinggal, sehingga tidak mengganggu anggota keluarga yang lain.

Perhatikan juga alokasi ruangan agar bebas untuk bergerak. Minimal untuk pergerakan 1 orang,  untuk duduk lalu berdiri, dan ruang ekstra untuk mobilitas.

Sesuaikan juga dengan furniture yang sudah ada dan luas ruang yang tersedia. Untuk memberikan suasana yang berbeda, pasang wallpaper yang motifnya beda dengan ruangan yang lain. Bisa juga cat dinding dengan warna yang berbeda.

Tapi ingat, jika ruang kerjamu tergolong sempit, hindari warna-warna yang mencolok. Fokus saja di warna putih agar ruang terasa lebih lega.

Tambahkan dekorasi unik yang personal, yang mewakili kepribadianmu. Dengan memiliki ruangan yang kamu banget, kamu pasti lebih semangat bekerja. Berbeda dengan ruang kerja di kantor dimana kita tidak bisa memilih, inilah kesempatanmu untuk merenovasi ruang kerja sesuai impianmu.

Ruang kerja yang baik tentu memiliki sirkulasi udara yang baik. Upayakan ruang kerja berada di dekat jendela agar cahaya dan udara bebas masuk. Selain untuk alasan kesehatan, bekerja juga butuh hiburan. Dengan leluasa memandang melalui jendela, ide dan inspirasi bisa segera datang saat diperlukan.

Sumber cahaya yang baik juga dapat menghemat energi. Sebisa mungkin di siang hari kita tidak perlu menyalakan lampu. Jangan lupa perhatikan juga penerangan untuk bekerja di malam hari. Sediakan lampu meja dengan watt yang aman agar mata tidak cepat lelah.

Sudah punya bayangan akan mengadopsi tren desain rumah 2020 yang mana? Dengan bantuan tim profesional dari “Konsultan Ruang Mimar+“, Anda bisa menciptakan desain rumah yang keren dan kekinian. Selamat merenovasi!

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat