fbpx

Dear Parents, Ini Dia Inspirasi Desain Kamar Anak Remaja!

Beranjak remaja, anak-anak biasanya meminta kepada orang tua agar dapat memiliki kamar sendiri. Berbeda dengan anak-anak yang lebih kecil, anak remaja memiliki keinginan untuk nyaman menjadi dirinya sendiri. Mereka butuh mengekspresikan diri sesuai karakter mereka, mulai dari penampilan sampai ruangan pribadinya. Itulah sebabnya di usia ini mereka membutuhkan ruangan yang lebih privat, seperti kamar tidur pribadi. Maka dari itu, desain kamar anak remaja tidak bisa dibuat hanya sesuai dengan keinginan orang tuanya saja.

Orang tua perlu menggali kesukaan para anak remajanya. Ajak mereka berdiskusi mengenai bayangan desain kamar anak remaja yang menjadi tipe idealnya. Perihal budget juga dapat disampaikan secara garis besar ke anak remaja anda, agar mereka juga memahami batasan dari orang tuanya. Orang tua perlu memahami bahwa melalui perspektif mereka, desain kamar anak remaja yang ideal akan terwujud, dan mereka akan lebih bahagia berada di kamarnya kelak.

desain kamar anak remaja

Sumber: Credit: hwww.pexels.com/id-id/foto

Desain kamar anak remaja membutuhkan ruang gerak yang lebih besar dibanding desain kamar anak. Di kamar tidur mereka akan beristirahat, belajar, memanjakan diri, melakukan hobi, dan tidak ketinggalan, berkumpul bersama teman-temannya. Mereka sangat betah berlama-lama di kamar tidurnya yang menyenangkan.

Itulah sebabnya orang tua harus selalu mengajak mereka berdiskusi ketika menentukan desain kamar anak remaja, karena mereka yang akan menempati dan menghabiskan waktu di ruangan itu. Ketika mengajak teman-temannya  ke kamar, mereka pasti ingin menunjukkan kepribadian sekaligus aktualisasi dirinya.

Tugas orang tua memberikan masukan dan mendampingi saat merancang desain kamar tidur bersama arsitek. Terkadang keinginan anak ada yang aneh, orang tua harus memahami dan bersama arsitek akan berusaha mencari kompromi yang terbaik. Orang tua juga harus memastikan bahwa material yang akan digunakan aman buat anak.

Desain kamar anak remaja akan sangat tergantung dari luasan kamar yang akan direnovasi. Jika luas kamar cukup luas, tidak akan sulit untuk mendekorasi sesuai harapan anak. Namun jika luas ruangan cukup sempit, mungkin akan ada beberapa hal yang perlu dikaji ulang. Pastikan anak-anak bisa memahami dan mau bersama-sama mencari alternatif lain.

Inspirasi Desain Kamar Anak Remaja Laki-Laki dan Perempuan

Desain kamar anak remaja laki-laki dan perempuan akan sedikit berbeda, karena perbedaan cara berekspresi dan kesukaan. Pemilihan gaya desain juga bisa dimulai dari hobi mereka. Misal hobinya bermusik atau berolahraga, beberapa furnitur atau dekorasi mungkin akan berkaitan dengan hobinya ini. Beberapa inspirasi desain untuk kamar anak remaja:

Warna Desain Kamar Anak Remaja

Pemilihan warna untuk desain kamar anak remaja akan sangat tergantung pada kepribadian dan selera anak anda. Untuk anak remaja perempuan biasanya mereka lebih menyukai warna-warna yang terang atau pastel. Dominasi warna putih juga sering ditemui karena lebih netral sehingga akan lebih bebas untuk bermain warna di dekorasi dan aksesoris kamar.

Ada juga anak remaja perempuan yang sangat menyukai kesesuaian warna. Apabila sudah memilih nuansa biru untuk kamarnya, maka barang-barang lain akan menyusul menggunakan warna biru juga.

Sebaliknya, anak remaja laki-laki lebih menyukai warna yang netral, yang lebih maskulin. Warna tanah atau hitam mungkin jadi pilihan pertama mereka. Tapi bukan berarti anti dengan warna terang. Di kamar yang monokrom, warna terang pada selimut atau tirai akan menjadi focal point unik di kamar mereka.

Dinding

Untuk tampilan kamar yang lebih unik, bagian dinding bisa ditambahkan teksturnya, seperti wallpaper timbul dengan aneka motif atau batu bata ekspos. Dengan begini tidak perlu banyak aksesori lagi agar tidak terasa sumpek.

Tambahkan ambalan di dinding untuk mengurangi furniture tambahan di kamar yang sempit. Ambalan ini dapat digunakan untuk menyimpan aneka pernik barang yang kecil atau pajangan yang mereka sukai.

jasa desain kamar anak

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto

Lantai

Anak remaja suka mengumpulkan teman-temannya di kamar. Menghabiskan waktu seharian untuk belajar dan bercengkrama akan sangat menyenangkan di lantai yang nyaman. Berikan karpet yang tebal dan adem sebagai pelengkap desain kamar anak agar mereka semakin betah berlama-lama.

Jika menginginkan suasana yang benar-benar berbeda, tampilan lantai dapat diubah dengan memasang parket kayu. Cukup tambahkan bantal-bantal kecil agar acara kongkow semakin seru.

Furniture Untuk Melengkapi Desain Kamar Anak Remaja

Beranjak remaja, anak-anak mulai memiliki barang-barang pribadi pilihannya. Mereka akan membutuhkan banyak tempat penyimpanan. Untuk anak-anak yang agak berantakan, ada baiknya disediakan rak dan lemari yang tertutup, daripada hanya rak gantung.

Untuk kamar yang sempit, pilih furniture dengan konsep vertikal sekaligus multifungsi, dengan ukuran yang medium. Misalnya tempat tidur bertingkat, yang bagian bawahnya meja belajar. Tempatkan di pojok ruangan, agar masih ada ruang yang tersisa untuk kegiatan bermain dan bersantai.

Tempatkan cermin untuk kesan yang lebih lapang. Pasang di dekat jendela agar pantulannya juga memberikan efek terang ke seluruh penjuru kamar. Jangan lupa tambahkan fasilitas yang modern sesuai kebutuhannya seperti laptop, printer, dan wifi agar anak semakin betah di kamar.

desain kamar anak remaja yang keren

Sumber: www.pexels.com/id-id/foto

Dekorasi Untuk Desain Kamar Anak Remaja

Dekorasi kamar dapat terinspirasi dari hobi anak. Tambahkan juga elemen kreatif agar mereka bisa mengeksplor hobi mereka selama di kamar tidur. Kalau anak suka menggambar atau bermain musik, karya mereka dapat dipajang sebagai dekorasi di dinding. Untuk penyeimbang, tambahkan nuansa alam seperti tanaman hias atau akuarium mini.

Pencahayaan

Pastikan ada jendela sebagai sumber pencahayaan alami di siang hari. Dengan adanya jendela, kita juga memastikan adanya ventilasi yang baik di kamar anak. Di malam hari pasang penerangan yang memadai untuk kegiatan anak di kamar. Tambahkan lampu baca di nakas atau meja untuk teman tidur buat anak yang tidak menyukai kegelapan.

Untuk ide dan inspirasi desain kamar anak remaja yang lainnya, hubungi “Konsultan Ruang Mimar+ dengan menghubungi kontak di website ini.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat