fbpx

Strategi Jitu Agar Renovasi Rumah Berjalan Lancar

Melakukan renovasi rumah adalah sebuah proyek ambisius untuk mewujudkan rumah idaman anda. Meski melelahkan dan menyita waktu, menanti-nanti hasil akhir renovasi adalah sebuah kesenangan tersendiri. Pada dasarnya, renovasi rumah membutuhkan persiapan yang matang agar hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Kali ini, kami akan membahas mengenai 6 strategi renovasi rumah sebagai acuan dasar.

Kenali 6 Strategi Renovasi Rumah

Membayangkan rumah impian akan bisa segera ditempati. Anak-anak akan memiliki kamarnya sendiri-sendiri. Sebuah taman untuk bersantai bersama di sore hari yang syahdu. Ah indahnya…

Namun sebelum sampai di titik akhir, anda perlu melewati proses renovasi yang cukup panjang dan berliku. Lalu apa yang harus dilakukan agar proses renovasi berjalan dengan lancar?

strategi renovasi rumah

Image Credit: pexels.com

Membuat Perencanaan Renovasi Rumah

Merenovasi adalah pekerjaan besar yang membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Jadi merencanakan renovasi sangat penting agar biaya dan waktu yang anda keluarkan sepadan dengan hasilnya.

Maka dari itu, strategi renovasi rumah pertama yang wajib dilakukan adalah membuat perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang adalah langkah awal agar proses renovasi berjalan dengan lancar. Perencanaan renovasi rumah dimulai dari penentuan desain, anggaran renovasi, hingga target waktu pembangunan.

Pikirkan dengan jelas dan matang serta pandangan ke masa depan untuk menentukan desain rumah anda. Begitu anda sudah memutuskan desain tertentu sebaiknya tidak ada perubahan lagi.

Merencanakan anggaran juga harus realistis. Kegiatan renovasi memang membutuhkan banyak biaya. Itu sebabnya anda jangan memaksakan diri. Jika dana memang belum mencukupi sebaiknya renovasi ditunda. Jika renovasi mendesak untuk dilakukan, kerjakan yang paling penting saja.

Jangan karena ingin berhemat lalu biaya material ditekan. Anda memilih material yang kualitasnya kurang baik karena lebih murah. Akhirnya hasil renovasi kurang memuaskan. Karena tidak puas anda terpaksa merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki. Jangan sampai ya!

Material yang kualitasnya kurang baik juga tidak awet dan tahan lama. Anda malah mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan jangka panjangnya.

Jangan lupa menambahkan dana cadangan dalam budget sebesar 10-20% untuk berjaga-jaga ketika ada kenaikan harga material, misalnya. Jangan sampai dana sudah habis duluan padahal renovasi belum selesai.

Perencanaan renovasi ini akan menjadi kontrol atas proses renovasi rumah anda, untuk mencegah adanya penyimpangan selama proses pembangunan. Anda dapat mengawasi apakah proses renovasi sesuai rencana. Jika ada yang tidak sesuai bisa segera ditangani agar tidak semakin melenceng.

Taati Perencanaan yang Sudah Dibuat

Renovasi sudah setengah jalan lalu anda berubah pikiran. Ingin mengganti cat menjadi wallpaper atau ingin mengganti bak mandi menjadi shower.

Perubahan tiba-tiba ini akan mengubah proses renovasi. Penyimpangan dari rencana akan berimbas ke biaya dan waktu renovasi. Untuk itulah menaati perencanaan yang telah dibuat adalah bagian dari strategi renovasi rumah yang tidak boleh diabaikan dan harus Anda lakukan. Selalu berkoordinasi dengan kontraktor anda mengenai budget.

Begitu anda sudah membuat rencana, jangan berubah-ubah lagi. Perubahan kecil pun mempengaruhi banyak hal termasuk anggaran anda. Jadi pastikan anda membuat perencanaan yang matang dengan pemikiran yang panjang ke depan.

Sebuah tips, ketika renovasi sudah setengah jalan, evaluasi kembali perencanaan anggaran untuk memastikan bahwa anggaran masih sesuai rencana sehingga anda bisa mengendalikan laju proyek. Hal ini mencegah anda menghabiskan lebih banyak uang secara drastis.

Sudah Mengetahui Renovasi yang Dibutuhkan

Tips renovasi rumah

Image Credit: pexels.com

Anda harus mengetahui apa kebutuhan anda, bukan keinginan. Jangan kebingungan dan terombang-ambing oleh masukan saudara, tetangga, apalagi kontraktor. Semua orang sah-sah saja memberikan masukan tapi andalah yang tahu apa sesungguhnya anda butuhkan.

Salah satu strategi renovasi rumah yang paling penting yaitu Anda harus memahami kerusakan apa yang muncul, apa penyebabnya, dan bagaimana memperbaikinya. Jika ada beberapa bagian yang harus diperbaiki, sebaiknya anda membuat skala prioritas. Kerjakan satu dulu, jangan semuanya dalam satu waktu. Tanpa adanya persiapan biaya renovasi dan perencanaan yang matang, nantinya malah akan menyusahkan di kemudian hari.

Survei dan pelajari semua keinginan anda, lalu buat daftar prioritas. Elaborasikan dengan anggaran yang anda miliki. Dengan begini Anda bersikap realistis terhadap proyek renovasi ini.

Pilihan desain akan mempengaruhi anggaran anda. Pilihan desain juga yang kemudian menentukan keramik untuk lantai, material dan cat untuk dinding, bahan dan desain untuk pintu dan jendela, serta aneka perabot yang akan anda butuhkan.

Related post: Berencana Untuk Merenovasi? Ini Dia Tren Desain Rumah 2020

Komunikasikan Target Penyelesaian Pada Kontraktor

Strategi renovasi rumah yang selanjutnya adalah berkomunikasi dengan kontraktor secara intens dan detail. Penting untuk kedua belah pihak memahami kapan proyek renovasi akan selesai. Pemilik proyek pasti memiliki target kapan renovasi harus selesai. Kontraktor sebagai orang yang berpengalaman di lapangan dapat mengetahui apakah target tersebut masuk akal. Kedua hal ini harus dikomunikasikan agar tidak ada kesalahpahaman.

Pastikan kontraktor anda mengetahui prioritas- prioritas anda. Selalu berkoordinasi selama jalannya proses renovasi. Jadi ketika ada yang melenceng dari rencana, bisa segera teratasi.

Pahami Bahwa di Lapangan, Apapun Bisa Terjadi

Sesempurna apa pun rencana yang sudah kita buat bersama kontraktor, kenyataannya di lapangan apa pun bisa terjadi. Karena cuaca tiba-tiba hujan, material yang datang terlambat bahkan salah, atau ada tukang yang sakit hingga tenaga kerja kurang.  Apa pun bisa terjadi.

Penting untuk bersikap realistis dan mengantisipasi penundaan di lapangan. Dalam perencanaan selalu berikan spare waktu untuk berjaga-jaga. Jadwal kerja yang padat memang diperlukan tapi lebih baik diantisipasi sejak awal dengan memiliki plan B.

Percaya Pada Kontraktor Anda

jasa konsultan renovasi rumah

Image Credit: pexels.com

Begitu anda sudah memilih kontraktor, percayakan pekerjaan pada mereka. Selalu mempertanyakan malah mengganggu pekerjaan mereka. Komunikasikan apa yang anda mau di awal, dan biarkan mereka bekerja sesuai keahliannya.

Bersikap meragukan kontraktor ada di tahap sebelum memilih kontraktor. Di tahap itu Anda harus benar-benar melakukan survei dan mencari informasi mengenai kontraktor pilihan anda. Cari referensi dan tanyakan informasi mengenai klien-klien sebelumnya, apakah hasil pekerjaannya memang sebagus promosinya.

Demikianlah beberapa strategi renovasi rumah paling mendasar yang perlu Anda pahami dan terapkan. Jika saat ini Anda ingin merenovasi rumah, jangan segan untuk menggunakan jasa profesional. Untuk kontraktor profesional yang terpercaya hubungi “Konsultan Ruang Mimar+” untuk membantu anda mewujudkan rumah impian Anda.

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat